cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 28, No 1 (2018)" : 9 Documents clear
Rancang bangun inverter satu fasa SPWM dengan output tegangan dan frekuensi variabel Moch Kusuma Wardana; Irham Fadlika; Ahmad Fahmi
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (988.184 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p1-16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang inverter satu fasa untuk mengatur nilai frekuensi dan tegangan AC pada keluaran inverter. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki atau meningkatkan efisiensi energi listrik pada beban satu fasa. Sistem ini dapat direalisasikan dengan menggunakan mikrokontroler, sehingga lebih ekonomis dan cocok untuk kebutuhan industri dan rumah tangga. Tegangan keluaran inverter diatur dengan mengubah nilai puncak pada output konverter SEPIC pada sisi terminal input inverter, sedangkan frekuensi output inverter diatur melalui modulasi SPWM. Untuk memvalidasi metode yang diusulkan, prototipe inverter satu fasa dengan kapaistas 150 W dirancang dan diuji di laboratorium. Penelitian ini dapat menjadi teknologi alternatif yang tepat guna dan mampu bersaing dengan teknologi yang telah ada saat ini.
Hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantuan modul digital dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai Nur Amalinda; Wahyu Gunawan Irianto; Heru Wahyu Herwanto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.652 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p61-77

Abstract

Di SMKN 1 Amuntai Matapelajaran Desain Multimedia merupakan salah satu matapelajaran wajib yang harus ditempuh siswa kelas XII program keahlian Multimedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan penerapan metode pembelajaran Project Based Learning berbasis GRASPS berbantu modul digital dengan hasil belajar siswa.  Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Amuntai yang berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 sampel yang diberi perlakuan penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantu Modul Digital. Hasil belajar pada penelitian ini diukur melalui  nilai post-test siswa. Uji Instrumen dilakukan kepada 14 responden diluar sampel. Uji instrumen data yang digunakan adalah validitas dan reliabilitas. Uji pra syarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas, linearitas dan homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik parametris. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment yang digunakan untuk mencari hubungan antar variabel dan menggunkan korelasi regresi linear sederhana untuk mengetahui apakah hubungan tersebut positif atau negatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai.Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Berbasis GRASPS berbantuan Modul Digital dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Produktif Multimedia di SMKN 1 Amuntai. 
Sistem informasi pemantauan aktivitas atlet renang untuk meningkatan prestasi atlet renang Dewinta Nilan Sari; Muhamad Jauharul Fuady; Utomo Pujianto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.647 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p17-24

Abstract

Terdapat banyak faktor yang menunjang prestasi atlet renang. Salah satu faktor yang menunjang dalam peningkatan prestasi atlet merupakan penyimpanan data hasil latihan yang dilakukan oleh pelatih maupun atlet renang. Data hasil latihan ini berupa hasil latihan fisik dan latihan renang/hasil perlombaan. Data hasil latihan ini digunakan oleh pelatih untuk mengetahui kemajuan prestasi berenang atlet untuk memecahkan rekor kecepatan berenang atlet. Oleh sebab itu, diperlukan sistem informasi pemantauan atlet yang bertujuan untuk memudahkan atlet dan pelatih dalam penyimpanan data hasil latihan sekaligus pemantauan aktivitas latihan fisik atlet. Sistem informasi berbentuk web yang dapat diakses pada http://tnw-sc.com. Proses pembuatan sistem informasi ini menggunakan model pengembangan prototype. Proses pengerjaan dilakukan dengan dua siklus. Penerapan dilakukan selama dua bulan di Tirta Nirwana Swimming Club. 
Pengembangan modul ajar digital berintegrasikan dengan model explicit intruction pada matapelajaran teknik animasi 2 dimensi untuk siswa xi program keahlian multimedia di Smk Negeri 1 Banyuwangi Suci Lestari; Syaad Patmanthara; I Made Wirawan
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.028 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p78-93

Abstract

Pada program keahlian multimedia di SMK terdapat materi matapelajaran produktif salah satunya adalah Teknik Animasi 2 Dimensi. Proses pembelajaran yang berlangsung di SMK khususnya pada saat praktikum membuat sebuah animasi 2D ditemukan beberapa kendala. Sehingga diperlukan adanya modul ajar yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Efisiensi dengan memanfaatkan modul interaktif dalma penelitian ini berbasis epub. Tujuan dari pengembangan modul ajar digital ini untuk menarik minat siswa dan memberikan kemudahan siswa dalam memahami materi pada saat praktikum Teknik animasi 2 dimensi. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan yang dipilih karena adanya proses revisi yang bisa diulangi dari tahapan tertentu. Tahapan – tahapan model pengembangan Sadiman sebagai berikut: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) tes/uji coba; (7) revisi; dan (8) naskah siap produksi. Setelah dilakukan beberapa tahapan pengujian pada modul. Hasil pengujian ahli materi, ahli media, dan siswa dihimpun menjadi satu data. Pada pengujian ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 96.42%. Pengujian ahli media memperoleh hasil persentase sebesar 94.11%, sedangkan uji coba pada siswa perorangan mendapat presentase 81.33%, kemudian untuk uji lapangan kelompok kecil sebesar 83.8%. Tahapan terakhir yaitu uji lapangan kelompok besar memperoleh persentase 86.4%. Sehingga modul ajar digital berintegrasikan dengan model Explicit Instruction pada matapelajaranan Teknik Animasi 2 Dimensi ini masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Hal ini dapat disimpulkan bahwa modul ajar digital ini diawali dengan dirancang dan dikembangkan sesuai kebutuhan siswa. Kemudian diuji kelayakannya, dan menghasilkan produk berupa modul digital yang layak digunakan sebagai modul ajar digital mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi.
Pengembangan sumber belajar basis data bermuatan conceptual learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar Azzhan Shahrul; muladi .; Triyana Widiyaningtyas
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.897 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p25-33

Abstract

Mata pelajaran basis data menunjang siswa untuk membangun, mengatur, dan memanipuasi data yang berupa informasi, gambar, video, audio, dan kombinasi dari yang disimpan dalam media elektronik dan diolah sedemikian rupa agar dapat digunakan dengan efektif dan efisien. Berdasarkan observasi awal ditemukan bahwa pemahaman siswa dalam memahami pelajaran basis data masihlah rendah. 70% siswa merasa bahwa mata pelajaran basis data sulit untuk dipahami. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sumber Belajar berupa Modul Ajar dengan muatan Conceptual Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menumbuhkan kemandirian belajar pada Siswa. Sumber belajar ini dikembangkan dengan menggunakan Model Pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE). Hasil kelayakan dari ahli materi yaitu 81%, validasi ahli media 87,5%, hasil uji coba memperoleh presentase sebesar 87.9%, Peningkatan pemahaman konsep siswa mendapatkan nilai post test lebih tinggi 53% dari rata-rata nilai pre test, dan kemandirian belajar mendapat rata-rata sebesar 82.04%.
Rekomendasi penerimaan judul skripsi dengan metode simple addative weighting pada sistem informasi skripsi dan tugas akhir Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Fauzan Cahya Arifin; Aji Prasetya Wibawa; Utomo Pujianto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.469 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p94-102

Abstract

Penerimaan judul skripsi merupakan tahap penting dalam penyelesaian skripsi. Dalam tahap tersebut diberikan keputusan diterima, direvisi atau ditolak terhadap judul skripsi yang diajukan mahasiswa. Sistem Pengambilan Keputusan (SPK) menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menyelesaikan masalah tidak terstruktur secara sederhana sehingga dapat melakukan proses pengambilan keputusan yang efektif. Pada artikel ini akan dibahas tentang penerapan metode SAW untuk merekomendasikan keputusan penerimaan judul skripsi pada SPK rekomendasi penerimaan judul skripsi. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan dalam rekomendasi penerimaan judul skripsi yaitu kebaruan, batas waktu penelitian, akses terhadap data, sumbangan hasil penelitian, dan kesesuaian topik dengan KBK.
Pengembangan modul ajar cetak Menganalisis Rangkaian Listrik (MRL) pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik bermuatan problem solving untuk meningkatkan efektivitas belajar pada siswa kelas x TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo Angga Eka Kurniawan; Anik Nur Handayani; Dwi Prihanto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.543 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p34-50

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektivitasan bahan ajar berbentuk modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) bermuatan problem solving pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Model pengembangan modul ajar yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada pengembangan ini adalah angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka didapatkan hasil persentase dari review ahli modul guru 96,6%, ahli 1 modul siswa 94,7%, ahli 2 modul siswa 98,1%, dan uji coba lapangan 89,5%, dengan interpretasi kelayakan “sangat valid” dari batas minimal presentase validitas 70,01%. Dari hasil implementasi semua siswa mendapatkan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga dari analisis data dapat disimpulkan bahwa modul ajar menganalisis rangkaian listrik (MRL) efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah.
Pengembangan modul sistem operasi berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa di SMKN 1 Pogalan Arif Nurnanto; Setiadi Cahyono Putro; Hary Suswanto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.369 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p51-60

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk, membuat sebuah buku, mengobservasi keaktifan belajar siswa saat menggunakan buku yang dikembangkan dan mendeskripsikan hasil uji validasi buku untuk siswa SMKN 1 Pogalan Trenggalek. Tahap pengembangannya meliputi, (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) uji coba kelompok kecil; (6) uji coba kelompok besar; (7) revisi; dan (8) diseminasi. peneliti juga melakukan observasi keaktifan menggunakan angket yang mengadopsi milik Sardiman. Peneliti juga melakukan uji terhadap responden mengenai isi dari materi yang ada pada buku.
Halaman Depan Jurnal Tekno - 28 (1) Ahmad Mursyidun Nidhom
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 28, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.149 KB) | DOI: 10.17977/um034v28i1p%p

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 9